21 July 2016

Kumpulan Berita Hoax Seputar Tragedi Kudeta Turki

        


Pasca kudeta di Turki yang dilakukan oleh sebagian oknum tentara Turki, banyak beredar informasi/berita palsu seputar insiden tersebut. Berikut 9 kabar hoax yang beredar:


1. Gambar-gambar yang dikalim terjadi saat kudeta di Turki

* Foto di bawah ini diklaim diambil di Bandara Internasional Ataturk saat terjadi kudeta, faktanya foto tersebut adalah kejadian helikopter milik militer AS yang jatuh di Korea Selatan pada tahun 2015.



* Foto di bawah ini diklaim diambil dia Ankara saat terjadi kudeta, faktanya foto itu diambil di Mesir pada tahun 2011.


2. Cuitan akun palsu Donald Trump

Klaim : Capres Amerika Trump dalam akun Twitter-nya melemparkan cuitannya: "Militer mengambil negaranya kembali, kalau saya nanti menjadi presiden, di Amerika juga akan mengalami hal yang sama."


FAKTA:  Akun Twitter @realDenaldtrump bukanlah akun resmi milik trump. itu akun parodi yang menyamar sebagai Donald Trump. Akun resmi milik  Trump @realdOnaldtrump.

3. Klaim foto tentang tentara yang tewas digorok di jembatan

klaim: Foto yang menunjukan seorang tentara tewas dihakimi masyarakat Turki di jembatan Bogazici saat kudeta.

Klaim bantahan: Foto yang mengklaim adanya tentara yang dihukum mati tanpa diadili di jembatan Bogazici ternyata foto itu diambil tahun 2006.



FAKTA: Klaim awal menyatakan gambar itu berasal saat kejadian kudeta, namun akhirnya klaim itu mendapatkan bantahan dengan klaim seorang tentara yang tergeletak dengan bersimbah darah adalah seorang tentara yang mengalami kecelakaan tahun 2006 yang dimana kendaraannya terbalik dan diperkirakan mengalami luka berat. Gambar itu diklaim diambil dari situs media online CNN Turki dengan judul "kendaraan tentara terbalik: Satu orang meninggal dunia , 3 luka-luka." Namun ternyata dalam berita resminya tidak ditemukan gambar itu. 



Spekulasi yang berkembang menyatakan gambar itu telah diedit karena dalam artikel asli CNN Turk tidak menyertakan gambar. Namun kami belum bisa memastikan kebenarannya karena berdasarkan hasil penelususran kami tentang artikel itu yang pertama rilis pada tahun 2006 baru masuk Web Archive pada tanggal 16 Juli 2016 ketika beberapa isu pasca kudeta Turki kian marak, dan walaupun kemungkinan besar gambar itu telah diedit namun kami tidak dapat menyimpulkan kepastian bahwa gambar itu sepenuhnya sesuai dengan klaim awal atau tidak.



 4. Media Turki mengabarkan sebuah video yang menunjukan pemboman di Turki

Klaim : Media CNN TURK, T24 dan Cumhuriyet gazetesi menyebarkan video tentang pengeboman pada kantor keamanan di Ankara.



FAKTA : Video yang diunggah yang menyatakan pengeboman kantor keamanan Ankara itu tidak benar, video tersebut diunggah di Youtube pada tanggal 29 Juli 2014 dengan judul "Gaza bombing: Massive axploision as Israel strikes hit media building." Berikut videonya: Link



5. Mencatut nama jurnalis terkenal Turki Fatih Portakal, seorang tentara tewas.

Klaim: Seorang tentara tewas lehernya dipotong oleh warga saat kudeta, foto tentara itu disebarkan oleh jurnalis Fatih Portakal.



FAKTA: Foto itu sebenarnya diunggah oleh seorang netizen dengan nama Burak Salivermez dalam akun Facebooknya. Namun klaim yang beredar bahwa tentara tersebut tewas dengan cara dipotong lehernya oleh warga adalah sebuah kebohongan besar. Bahkan tentara tersebut merasa sedih dan kecewa dengan kebohongan tentang dirinya.



6. Foto tentara Turki dipotong lehernya 

Klaim: Gambar menunjukan pemotongan kepala seorang tentara Turki


FAKTA: Gambar tersebut bukan diambil saat kudeta di Turki baru-baru ini, gambar tersebut diambil pada tahun 2013 saat perang di Suriah. Berikut video selengkapnya: Link

7. Klaim tentang mulainya pergerakan presiden Azerbaijan akan menyerang Turki

Klaim: Menurut pernyataan presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, setelah aksi kudeta di Turki, Azerbaijan akan mulai melakukan serangan darat.



FAKTA: Pada pernyataan resmi yang disampaikan Aliyev tidak ada ungkapan seperti itu. dia menyatakan belasungkawa dan mengungkapkan kesedihannya atas kejadian tersebut.

Bahkan Aliyev telah mengirimkan surat kepada Erdogan pada 16 Juli 2016. "Tadi malam, saya mengikuti perkembangannya dengan rasa cemas dan menyesali percobaan kudeta di Turki," kata presiden Aliyep dalam suratnya.

8. Tentara yang dibunuh dengan cara seperti membunuh babi

Klaim: 22 tentara yang hilang ternyata telah ditemukan tewas dibunuh yang mayatnya akan ditukarkan dengan daging babi.



FAKTA: Foto yang digunakan dalam klaim tersebut diambil dari Ukraina pada tahun 2014. Puluhan mayat menumpuk setelah pertempuran di bandara Donesk pada Mei 2014. 

9. Seorang tentara dibunuh warga layaknya ISIS

Klaim: Foto-foto beredar mengklaim seorang tentara dibunuh dengan keji seperti ISIS

Gambar diambil dari situs ArrahmahNews

FAKTA: Keempat foto diatas tidak saling berhubungan, kenyataannya foto tentara yang sedang dibawa tengah dievakuasi untuk mendapatkan pertolongan. Pria berjenggot yang dilingkari merah bukan Hadha Daesh (ISIS), karena pria tersebut bersama warga yang lain tengah berusaha menyelamatkan tentara itu dari amuk massa.



Bahkan pria berkacamata berkaos biru adalah orang yang cukup terkenal di Turki bernama Ali Nuri. Berikut foto lainnya yang menunjukan tentara itu sedang dimasukan ke dalam mobil oleh Ali Nuri untuk diselamatkan:






Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon