17 July 2016

9 Hoax Ilmiah Yang Paling Konyol Sepanjang Sejarah

Ilustrasi

Setiap informasi yang kita terima dapat menambah pengetahuan, atau bisa juga malah meracuni otak karena informasi yang kita terima ternyata hoax. Informasi berita pada dasarnya disebarkan melalui media berita, internet, sosial media, dan dari mulut ke mulut hingga diterima oleh orang ketiga dan orang banyak.

Setiap kita mendengar hoax ilmiah biasanya langsung berpikir sebuah kebohongan pengetahuan yang tidak berguna. Namun tidak semua hoax ilmiah hanya sebuah omong kosong, pada kenyataannya ada beberapa hoax ilmiah yang tujuannya untuk menyindir isu tertentu bahkan ada juga yang akhirnya bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Berikut hoax ilmiah paling konyol dalam sejarah.

1. Mesin gerak abadi




Dalam ilmu Fisika mesin gerak abadi hampir tidak mungkin terjadi, gerak abadi didefinisikan sebagai setiap gerakan yang dapat dipertahankan terus menerus tanpa sumber energi dari luar. Namun Charles Redheffer mengklaim telah menciptakan sebuah mesin penggerak abadi pada tahun 1813. Mesin itu awalnya dipamerkan di Philadelphia, namun banyak orang mencurigai keabsahan mesin itu karena putaran gigi yang berputar ke arah yang salah. Komisaris kota lalu mengirim pesan agar Redheffer pergi.

lalu ia membawa mesin itu ke New York City yang akhirnya terungkap bahwa mesin itu hanya tipuan yang digerakan oleh seseorang dibalik dinding dengan menggunakan satu tangan dan tangan yang lain sedang mengunyah makananan. Lalu mesin itu dihancurkan oleh penonton yang marah dan Redheffer berhasil melarikan diri sebelum dihakimi oleh penonton.

2. Seorang wanita yang masih perawan hamil akibat peluru 



Ilustrasi

Seorang dokter Amerika, Legrand G Capers, telah menulis laporan dalam jurnal medis tentang sebuah kasus pada tahun 1874 dari keadaan medis yang sangat membingungkan dimana seorang wanita muda rupanya telah menjadi hamil akibat peluru yang bersarang di perutnya sebelumnya telah menembus testis seorang prajurit yang berada dalam medan perang.

Capers Pada tahun 1863 menulis bahwa ia ditugaskan pada sebuah pertempuran dimana ia menangani seorang prajurit yang tertembak dimana peluru itu menembus melewati testis hingga peluru itu mengenai seorang wanita. Setelah ia menangani prajurit tersebut, lalu ia dipanggil untuk menangani wanita itu juga tertembak dibagian perut oleh peluru yang sama hingga menembus bagian paritas perut bagian kiri. Kejadian itu terjadi pada tanggal 12 Mei 1963 sekitar pukul 15:00 dalam "pertempuran R" (Pertempuran Reymond), dimana Brigadir Jenderal John Gregg dari pasukan konfederasi melawan pasukan Grant yang dipimpin oleh Mayor Jenderal John A. Logan.

Enam bulan kemudian Capers menemui wanita itu kembali, namun betapa terkejutnya dia ketika wanita itu ternyata sedang hamil tujuh bulan dengan kondisi selaput dara yang utuh (perawan) hingga keluarganya kebingungan karena gadis itu belum menikah namun bisa hamil.

Capres akhirnya membantu kelahirannya hingga seorang bayi laki-laki lahir dari rahim wanita itu. Ketika anak itu berusia sekitar tiga minggu, Capers mencoba memeriksa anak tersebut, namun dia terkejut ketika mengetahui bahwa sebutir peluru ada di dalam tubuh anak itu. Capers masih ingat betul ketika menangani prajurit yang testisnya tertembak dan menyatakan peluru itu sama persis. Peluru itu kemungkinan menembus testis dan membawa sperma lalu masuk kedalam rahim wanita itu yang juga tertembak dibagian perut oleh peluru yang sama. Akhirnya prajurit muda dan wanita itu dinikahkan dan menghasilkan dua anak lagi dengan cara konvensional. Namun semua klaim itu tentu saja secara medis tidak mungkin terjadi.

Ya, cerita itu diakui oleh Dr Capers tidaklah nyata, cerita itu sebuah sindiran akibat dari perang saudara yang dimana banyak kerugian hingga banyak prajurit muda yang terpaksa harus berperang hingga tidak sempat menikah. Namun cerita itu terlanjur menyebar hingga dianggap nyata bahkan cerita itu lebih populer dibandingkan catatan sejarah peran yang terjadi saat itu.

3. Menghirup nafas wanita muda akan memperpanjang umur



Ilustrasi


Johann Heinrich Cohausen pada abad ke-16 pernah membuah sebuah tulisan risalah rahasia hidup panjang dan abadi. Dia menulis dengan judul yang cukup meyakinkan Hermippus redivides (1742). Inti dari kalimnya itu adalah setiap orang bisa hidup lebih lama jika menghirup nafas wanita muda.

Nafas wanita muda mengandung energi positif dan memiliki kekuatan vital yang setidaknya mengandung elastisitas mekanik yang kuat yang dapat menambah semangat hidup, itulah yang selalu diajarkan oleh para filsuf.

Dia menyarankan untuk mengumpulkan nafas wanita muda dengan menggunakan terompet dan kemudian memasukannya kedalam botol untuk dijadikan obat yang mujarab. Dalam beberapa halaman terakhir dari risalahnya ia mengatakan, "menghirup nafas seorang wanita tua sebaliknya akan membuat Anda mati dengan lebih cepat.

Cohausen adalah seorang dokter dan juga penulis yang cukup terkenal di Jerman, Perancis, dan Inggris. Dia terkenal dengan tulisannya yang banyak membuat artikel satir medis, dan tulisan diatas dapat dipastikan hanya sebuah lelucon satir yang tidak nyata.



3. Seorang wanita melahirkan bayi kelinci


Gambar (William Hogarth)

Klaim ilmiah yang satu ini mungkin paling konyol karena pada awalnya banyak yang mempercayainya. Seorang wanita bernama Marry Toft pada sekitar abad ke-18 berhasil meyakinkan banyak orang hingga ahli medis tentang klaimnya yang telah melahirkan bayi kelinci.

Seorang dokter yang mempercayainya, Nathaniel St. Andrea, yang awalnya sangat meyakini kebenaran klaim Toft, akhirnya harus kecewa ketika ia mengetahui kebenaran yang sesungguhnya bahwa bayi kelinci yang diperlihatkannya tidak menunjukan tanda-tanda pernah berada di dalam rahim wanita itu. Toft menjelaskan bahwa ia terkejut ketika melihat seekor kelinci lalu bermimpi aneh tentang hewan itu, yang akhirnya menyebabkan beberapa kejadian supranatural dengan rahimnya.

Setelah tipuannya terungkap, Toft mengakui bahwa kehebohan yang dia ciptakan hanya tipuan belaka yang akhirnya dia ditangkap untuk dijebloskan ke dalam penjara.

4. Penulis fiktif mengaku menemukan UFO dan bertemu Alien


Ilustrasi


Cedric Allingham menceritakan bahwa pada tanggal 18 Februari 1954, ketika sedang berlibur di dekat Lossiemouth dia menemukan sebuah pesawat piring terbang dan dapat berkomunikasi dengan pilot dengan cara menggerakan tangan dan telepati. Piring terbang itu diindikasikan berasal dari planet Mars, dan piring terbang itu juga telah mengunjungi Venus dan Bulan.

Sebagai bukti pendukungnya, Allingham mengambil foto buram dari piring terbang dan salah satu pilotnya dengan posisi dari belakang. Ia juga mengklaim bahwa seorang nelayan bernama James Duncan juga menyaksikan kejadian itu, lalu memberikan kesaksiannya yang juga ditandatangani untuk dimuat dalam buku. Anggota pecinta UFO yang cukup populer pernah mencoba untuk mewawancarai Allingham dan Duncan, namun penjelasan mereka berdua sangat rumit dipahami dan terlalu mengada-ada.

Pada tahun 1986, semua klaim itu akhirnya terbukti hanya sebuah tipuan. Christopher Allan dan Steurt Campbell merilis hasil penelitiannya dalam jurnal "Fortean" yang meneliti fenomena anomali dari klaim Allingham. Mereka berpendapat bahwa prosa buku Allingham menunjukan kemiripan yang sangat signifikan dengan tulisan astronom Patrick Moore bersama temannya bernama Peter Davies.

5. Film otopsi Alien

Otopsi alien Roswell

Seorang pengusaha bernama Ray Santili pada tahun 1990 merilis sebuah film hitam putih yang menunjukan proses otopsi alien. Film itu menyajikan proses otopsi pada tubuh makhluk dari luar Bumi yang mengalami kecelakaan saat piring terbangnya menghantam Bumi di dekat Roswell, New Mexico pada tanggal 2 Juni 1947. Film itu diambil oleh kameraman seorang pensiunan militer yang namanya tidak diketahui.

Film hitam putih yang berdurasi sekitar lebih dari 20 menit itu muncul pada 1990-an, namun pada tahun 2006 Santili mengakui bahwa film itu hampir seluruhnya palsu dan rekaman itu diambil di London. Tubuh alien itu diciptakan oleh seorang pematung John Humphreys yang juga berperan menjadi salah satu ahli bedah dalam film tersebut.

Pada tahun 1995 film itu terkuak sebagai hoax, namun sebelumnya rekaman itu berhasil dijual ke beberapa stasiun televisi dan disiarkan di lebih dari 33 negara.

6. Merorok kulit pisang dapat memabukan seperti ganja


Ilustrasi


Sebuah resep yang cukup unik pernah ditemukan berasal dari ekstrak kulit pisang yang mampu meenggantikan ganja yang diberi nama Bananadine. Resep itu pada awalnya diterbitkan oleh Berkeley Barb pada Maret 1967, Ia menjadi terkenal setelah William Powell membenarkannya dan memproduksi ulang metode itu dalam sebuah buku The Anarchist Cookbook pada tahun 1970.dibawah nama "Musa spientum Bananadine".

Bananadine diklaim sebagai zat psikoaktif yang berasal dari kulit pisang. Para peneliti di New York University telah menemukan bahwa kulit pisang tidak mengandung bahan kimia memabukan, dan bahwa merokok dari kulit buah itu hanya menghasilkan efek plasebo.

7. Penyakit kelamin yang dapat membuat vagina berwarna biru


Ilustrasi

Sebuah penyakit aneh yang hanya menyerang wanita yang menyebabkan infeksi parah dan vagina akan berwarna biru. Penyakit ini bernama "Blue Waffle" yang mulai populer pada awal Maret 2010 ketika sebuah gambar yang cukup mengerikan menunjukan vagina berwarna biru yang terinfeksi parah hingga berjamur.

Menurut Dr Elizabeth Boskey penyakit Blue waffle hanya fiksi yang setiap gejalanya tidak diketahui ataupun jenis infeksi yang terkait.

Dr Amy Whitaker, Asisten Profesor Obstetri / Ginekologi dari University of Chicago Hospital, mengatakan bahwa tidak ada penyakit yang dikenal sebagai blue waffle, dalam dua jenis medis tidak ada penyakit yang menyebabkan penampilan biru pada bagian luar kelamin. Semua itu adalah tipuan, gambar yang beredar dan penyakit itu palsu yang digunakan untuk memikat orang masuk kedalam beberapa web clickbait.

8. Seorang anak tumbuh gigi emas


Ilustrasi


Pada tahun 1593 seorang anak di Silesia berusia tujuh tahun, Christoph Muller, dilaporkan telah tumbuh gigi emas. Jakob Horst, seorang profesor kedokteran dari Julius University di Helmstedt, mencoba untuk menyelidikinya. Ia menemukan bahwa anak itu memang benar memiliki gigi emas yang cukup rapi. Tes telah dilakukan dan menyatakan bahwa itu emas asli, meskipun bukan kualitas tinggi.

Horst menyatakan gigi emas itu seperti emas Hungaria, Horst menulis hasil penyelidikannya dalam sebuah buku 145 halaman "De Aureo dente maxillari pueri Silesii" (Anak lelaki dengan gigi emas dari Silesia) dimana fenomena itu disebabkan oleh astrologi. Dia mencatat bahwa anak itu lahir pada tanggal 22 Desember 1585 ketika ada keselarasan yang tidak biasa dari Bumi yang telah meningkatkan panas matahari, yang menyebabkan tulang di rahang anak itu berubah menjadi emas.

Dia juga berpendapat bahwa gigi itu merupakan pertanda peristiwa penting akan terjadi di masa akan datang: jaman keemasan baru bagi Kekaisaran Romawi. Namun karena gigi emas itu terletak di sisi kiri, itu dianggap sebagai sisi jahat yang berarti jaman keemasan itu akan diawali oleh banyak bencana.

Para ahli banyak yang tidak setuju dengan klaim Horst, Duncan Liddell, seorang dokter Skotlandia yang tinggal di Helmstedt menerbitkan analisis sendiri tentang kasus itu. Ia berpendapat bahwa gigi emas itu tidak tumbuh secara alami melainkan hanya buatan manusia. Analisis Liddell ternyata terbukti benar, ketika anak itu mengunyah berulang kali dan diuji ulang ternyata gigi itu dilapisi logam tipis berwarna emas. Pada awalnya anak itu menolak mengizinkan giginya untuk diperiksa oleh beberapa orang, namun salah seorang bangsawan yang sedang mabuk marah ketika permintaanya untuk melihat gigi itu ditolak dan akhirnya pria itu menikam anak itu dibagian pipi.

Ketika dokter datang untuk menjahit lukanya, ditemukan bahwa itu adalah penipuan. Christoph lalu dijebloskan ke penjara, dan orang yang membuat gigi si anak itu menjadi emas dilaporkan telah melarikan diri.

Walaupun kasus itu adalah sebuah tipuan, namun tidak dipungkiri bahwa gigi emas mendapat tempat terhormat dalam sejarah ilmu kedokteran gigi. Kejadian itu dianggap sebagai kasus yang pertama kali didokumentasikan dari sejarah terciptanya gigi emas yang sekarang banyak kita temui.

9. laki- laki kemungkinan bisa hamil


Lee Mingwei

Seorang pria bernama Lee Mingwei telah mengejutkan dunia karena dia adalah satu-satunya pria yang bisa hamil. Website MalePregnancy.com, yang pertama kali muncul secara online mendokumentasikan kasus itu pada tahun 1999. Pengunjung situs dapat memeriksa berbagai bukti dokumenter tentang kehamilan Mingwei.

Dalam situs itu menampilkan laporan berita, gambar, klip video, gambar USG, dan pengukuran tekanan darah dari Mingwei. Situs itu melaporkan kelahiran anak yang dikandung Mingwei belum bisa ditentukan. Situs itu adalah tipuan yang diciptakan oleh seorang seniman / pembuat film, Virgil Wong. Karya Wong terutama proyek-proyek seni di internet sering mengeksplorasi dengan tema efek yang timbul dari obat kontemporer.

Situs itu mendapat perhatian luas pada tahun 2000 karena menerbitkan berita itu, Wong mengakui telah menipu ribuan orang dan bahkan ia telah dihubungi banyak pria yang ingin hamil seperti Mingwei.


Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon