08 June 2016

Perempuan di foto itu Amelia, bukan Amalia "Teman Ahok"

Amelia Ayuningthias
Berita tentang tertahannya dua pendiri Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas dan Richard Saerang di Bandara Changi,  Singapura, pada tanggal 4 Juni 2016 yang lalu menjadi berita hangat di Indonesia.


Amalia Ayuningtyas, salah satu pendiri Teman Ahok
Tertahannya kedua aktifis tersebut lantaran Pemerintah Singapura mempermasalahkan kedatangan mereka  yang berencana menggelar kegiatan politik di negara tersebut. Mereka dipulangkan setelah diinterogasi otoritas imigrasi setempat.

“Ketentuan undang-undang Singapura melarang kegiatan politik negara lain. Ketentuan itu wajib dihormati,” demikian bunyi siaran pers Kedutaan Besar RI di Singapura, 5 Juni 2016.


Menurut siaran itu, pemulangan Amalia dan Richard tertunda karena terhambat jadwal penerbangan. Seharusnya mereka kembali ke Indonesia pada Sabtu, 04 Juni 2016 lalu tetapi keduanya baru bisa diterbangkan ke Jakarta pada Minggu, 05 Juni 2016 siang. KBRI turut memfasilitasi kepulangan mereka dengan pesawat Garuda.

Di Singapura, Teman Ahok memang berencana menggelar bazar makanan dan menjual cendera mata di Amazana Building, 50 MacPherson Road. Undangan acara itu telah disebar melalui media sosial yang disertai pemberitahuan bahwa Teman Ahok hendak mengumpulkan salinan kartu tanda penduduk warga DKI yang ingin mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Heru Budi Hartono dalam pemilihan Gubernur Jakarta 2017.

Amalia mengakui undangan itu telah disebar melalui media sosial. Namun, acara mengalami perubahan setelah pihaknya diperingatkan oleh pemerintah Singapura. “Agendanya hanya menggelar bazar dan festival," katanya.

Ternyata berita tertahannya kedua aktifis ini membawa berita hangat lainnya di media sosial.  Muncul sebuah foto yang diklaim sebagai sosok Amalia Ayuningtyas di depan Gedung Esplanade, Singapura.  Pada foto tersebut nampak seorang wanita yang selintas mirip Amalia, namun tanpa hijab.  Masalah hijab dan keyakinan Amalia juga disebutkan pada caption foto yang beredar itu.






Kemudian muncul klarifikasi dari salah satu teman Amalia bahwa wanita dalam foto itu bukanlah Amalia Ayuningtyas.




Lalu siapakah perempuan tersebut?

Muncul dugaan bahwa perempuan di foto itu adalah Rifda Amalia.  Selintas Rifda Amalia tampak mirip dengan sosok perempuan di depan Esplanade tersebut.


Namun, berdasarkan investigasi anggota dan Team Admin Sekoci, didapat data valid bahwa perempuan di foto tersebut ternyata Amelia Ayuningthias, bukan Rifda Amalia seperti dugaan sebelumnya.   Unik, nama yang hampir sama dan sosok yang selintas mirip, telah dimanfaatkan oknum tertentu untuk menyerang Amalia dan mengecoh netizen.

Berikut beberapa klarifikasi dari Amelia Ayuningthias sehubungan dengan beredarnya foto dirinya yang telah digunakan tanpa izin dan diklaim sebagai Amalia.



Sesaat sebelum artikel ini kami rilis, Amelia Ayuningthias menyampaikan melalui akun facebooknya bahwa seseorang yang menyebarkan fotonya telah beritikad baik untuk memberikan  klarifikasi ke media sebagai bentuk pemulihan nama baiknya.






Semoga semua ini berakhir damai.

Salam Icokes, Indonesian Hoax Buster!

Sumber:

 Statement by Singapore Embassy in Jakarta



Emoticon Emoticon