14 June 2016

Foto Bayi Berkulit Hitam Asal Afrika?


Sebuah gambar (tribunnews.com) bayi berkulit hitam pada pertengahan tahun 2015 beredar luas di internet dan sosial media. Bayi dalam foto tersebut diduga merupakan bayi dengan kulit tergelap di dunia. Namun, selain sebuah foto bayi yang terlihat baru lahir, turut beredar foto kedua yang menunjukkan seorang balita dengan warna kulit yang sama dalam posisi berdiri di hadapan seorang pria dewasa.

Dalam foto yang beredar terlihat bayi yang tidak diketahui namanya. Bayi itu berasal dari Afrika Selatan, bahkan banyak pengguna internet menganggap bahwa bayi itu adalah bayi paling hitam di dunia.

Banyak yang mengatakan inilah bayi dengan kulit paling hitam di dunia yang ternyata berwajah imut dan lucu. belum ada sumber yang memastikan asal muasal kelahiran bayi ini, nama, maupun usianya. Namun fisiknya membuat banyak penasaran para netizen.

Biarpun hitam, namun sebuah sumber mengatakan kalau bayi ini cerdas luar biasa dan bawel. Secara fisik bukan kulit saja yang hitam, kuku, mata serta bibir bayi ini juga ikut berwarna hitam.

Publik khususnya para pengguna sosial media tengah digegerkan dengan beredarnya gambar seorang balita yang memiliki kulit dan bola mata serba hitam legam hingga ke seluruh bagian tubuhnya.

Dalam foto yang beredar terlihat bayi yang tidak diketahui namanya itu berasal dari Afrika Selatan. Bahkan para onliner menyatakan bayi tersebut merupakan bayi dengan kulit paling legam satu-satunya di dunia.

Salah satu akun Twitter bernama @NaimHumphrey pun mengupload gambar tersebut. Dalam posting-annya ia juga mencantumkan ciapan bahwa bayi paling gelap di dunia lahir di Afrika Selatan.

Bahkan posting-annya langsung mendapat respons beragam dari para followersnya. Terlihat 2 ribu lebih akun yang me-retweet dan ratusan akun yang memfavoritkannya. Nampak pula berbagai komentar yang menyatakan bayi berkulit gelap itu sangat lucu dan menggemaskan.



Dalam posting-an gambar lainnya nampak kini sang bayi sudah besar. Terlihat bayi berkulit gelap itu sudah bisa berjalan dan tengah bermain dengan seorang pria di sebuah ruangan. Namun, hingga saat ini belum diketahui kebenaran dan keberadaan bayi tersebut.





Versi lain (liputan6.com) menyatakan bayi yang tengah bermain dengan seorang pria di sebuah ruangan adalah anak yang sudah besar dari bayi yang kulitnya sangat gelap.

Dalam posting-an gambar lainnya nampak kini sang bayi sudah besar. Terlihat bayi berkulit gelap itu sudah bisa berjalan dan tengah bermain dengan seorang pria di sebuah ruangan. Namun, hingga saat ini belum diketahui kebenaran dan keberadaan bayi tersebut.


Hoax atau Fakta: Hoax!

ANALISIS

Gambar seorang bayi dari Afrika dengan seluruh badan berwarna gelap hingga matanya hampir seluruhnya hitam di klaim menjadi bayi paling gelap didunia. Mungkinkah itu bayi asli asal Afrika? atau itu hanya sebuah boneka? Ya benar, itu adalah sebuah boneka/patung karya seorang seniman bernama Lilah Pearsons. Bayi yang berkulit gelap itu adalah patung Polimer tanah liat yang diciptakan Lilah Pearsons.

Beberapa hasil kreasi Lilah Pearsons dari bayi manusia hingga monyet dapat dilihat di sini

Gambar seorang anak berkulit hitam tengah bersama seorang pria dewasa adalah nyata. Anak itu diasuh dan diurus oleh Peace Crops.

Kesimpulannya

(Gambar kiri) bukan bayi asli ataupun gambar hasil photoshop. Gambar itu asli, namun hanya boneka/patung polimer karya Lilah Pearson.

(Gambar kanan) adalah nyata seorang balita, yang pastinya tidak ada hubungan dengan boneka yang diklaim sebagai bayi Afrika dengan kulit tergelap didunia. Balita yang bermain dengan seorang pria dewasa diasuh dan diurus oleh Peace Corps.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!

Referensi

Breath of Heaven OOAK Dolls
Wikipedia Peace Corps


Emoticon Emoticon