24 June 2016

Facebook Akan Hapus Fitur Sinkroninasi Foto mulai 7 Juli 2016

Facebook mengumumkan bahwa mereka akan menghapus fitur Synced Photos/sinkronisasi foto dari smartphone pada aplikasi mobile Facebook pada 7 Juli mendatang.



Synced Photos selama ini berfungsi untuk sinkronisasi foto. Tiap kali pengguna membidik foto dari kamera smartphone, foto itu akan tersimpan secata otomatis ke album privasi pada akun Facebook.

Album itu dinamai sesuai waktu pembidikan. Tujuannya, pengguna tak perlu kesulitan saat ingin mencari foto-foto lama karena penyimpanannya lebih terorganisir. 

Jika Facebook menghapus program sinkronisasi foto, ini artinya foto-foto lama yang pernah tersimpan di fitur tersebut akan terhapus. Dengan kata lain, tak ada lagi kenangan masa lalu yang bisa dilihat jika pengguna tidak mengunduh aplikasi Moments di Facebook.

Pengguna Facebook khawatir dan bingung dengan beredarnya pesan tersebut. Mereka khawatir foto-foto yang menyimpan banyak kenangan akan dihapus begitu saja, apalagi banyak diantara pengguna tidak mengerti apa yang Facebook maksud.

Team Sekoci akan mencoba menjelaskan secara sederhana. Jadi, pada tahun 2012, Facebook meluncurkan fitur Synced Photos/sinkronisasi foto yang memungkinkan pengguna untuk langsung melakukan sinkronisasi foto dari smartphone ke album pribadi di Facebook. Sinkronisasi foto memungkinkan pengguna untuk melihat-lihat kembali foto yang pernah diposting.  Untuk memastikan apakah Anda pernah mengaktifkan fitur tersebut atau tidak, Anda dapat masuk ke profil pribadi, lalu klik foto dan cari album yang bernama Synced from Phone/Disinkronkan dari Ponsel. Jika Anda tidak menemukan album dengan nama tersebut, kemungkinan Anda belum pernah mengaktifkan fitur Synced Photos/sinkronisasi foto.  Sampai tahap ini Anda aman, tidak ada foto-foto Anda yang akan dihapus. 😊

Fitur Sinkronisasi Foto yang diperkenalkan tahun 2012

Jika Anda memiliki album Synced from Phone/Disinkronkan dari Ponsel, maka Anda memiliki pilihan untuk memindahkan foto-foto di album tersebut ke aplikasi Moments di Facebook. Moments memiliki fungsi serupa dengan Synced Photos/sinkronisasi foto.  Aplikasi gratis tersebut akan mengelompokkan foto-foto pengguna berdasarkan orang yang muncul pada foto dan waktu pengambilan foto.
Perubahan ini tidak akan mempengaruhi foto yang diunggah secara manual ke Facebook.  Aplikasi Moments dapat Anda unggah secara gratis melalui Google Play Store atau Apple App Store sebelum tanggal 7 Juli 2016 karena Facebook akan menghapus semua foto pada album Synced from Phone/Disinkronkan dari Ponsel pada tanggal 7 Juli 2016.

Ilustrasi posisi Synced from Phone di koleksi foto anda


Ilustrasi posisi Disinkronkan dari Ponsel di koleksi foto anda
Aplikasi Moments memiliki beberapa kelemahan yaitu terhitung lambat, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Rabu (15/6/2016). Admin Sekoci sendiri sudah mencoba mengunduh aplikasi ini dan ternyata pengoperasiannya menyebabkan power baterai smartphone lebih cepat berkurang seperti dilaporkan oleh aplikasi Smart Manager Provider yang juga admin unduh di smartphone.  Apalagi jika foto-foto yang ada di smartphone dan tersinkron ke Facebook sangat banyak. Diperkenalkan sejak 2012 lalu, aplikasi tersebut baru menduduki posisi ke-10 sebagai aplikasi gratis terpopuler di Apple App Store.

Aplikasi Moments yang ditawarkan Facebook

Jika Anda tak tertarik mengunduh aplikasi Moments, sebaiknya Anda menggandakan atau menyimpan kembali foto-foto dari album Synced from Phone/ Disinkronkan dari Ponsel ke smartphone atau PC sebelum 7 Juli mendatang.

Semoga penjelasan ini bisa sedikit menjawab kebingungan Anda.

Salam Icokes, Indonesian Hoax Buster!

CMIIW.

Sumber:





Emoticon Emoticon