03 May 2016

Tanaman Dolar Penyebab Leukemia



bud of a zamioculcas zamiifolia by Michelangelo76 for public domain

Sempat beredar kabar bahaya salah satu jenis tanaman yang menyebabkan kanker. Berita tersebut menjadi viral di situs jejaring sosial, maupun pesan berantai. Tanaman yang dimaksud adalah Tanaman Dolar alias Zamioculcas zamiifolia yang banyak digunakan oleh ibu-ibu sebagai koleksi tanaman hias rumahan.

Contoh pesan yang beredar:

BAHAYA PENYAKIT LEUKIMIA !!!!

Adik ipar saya umur 31 thn baru meninggal semalam disebabkan oleh Leukimia. Almarhum semasa hidupnya meneliti utk gelar Master in Botanical di kampus USM mengkaji sejenis tumbuhan ini. Rekan satu tim research beliau sdh meninggal setahun yg lalu mengidap penyakit leukimia juga. Almarhum dpt bertahan hingga semalam. Memang hasil penelitiannya telah disahkan oleh pihak kampus USM dan pihak Kementrian Kesehatan bahwa Leukimia itu dapat ditimbulkan dari tumbuhan tsb. Jadi cerita D Hizzad Bole penyebab kanker darah (Leukimia) ternyata terbukti.

Di China sdh cukup lama diketahui tentang bahaya tanaman ini, tapi hanya diberitakan suratkabar China saja. Sedangkan ditempat kita tanaman ini dirawat & dijadikan tanaman hias di rumah.

PERHATIAN DAN WASPADA !!!

Jika ada tanaman ini dirumah, silahkan secepatnya musnah dengan membakarnya sebelum tanaman berbunga. Karena dari bunganya menyebabkan kanker darah (Leukimia).



HOAX

Tanaman Dolar

Tanaman Dolar memiliki nama Latin Zamioculcas zamiifolia. Tanaman ini berasal dari benua Afrika, di negara Kenya, Tanzania, dan Zanzibar. Tanaman ini termasuk tanaman yang tidak membutuhkan banyak air. Di habitat aslinya, Zamioculcas hidup di padang rumput kering dengan tanah berbatu. Sifat aslinya ini membuat tanaman ini tidak merepotkan dalam perawatannya.

Toksisitas Tanaman Dolar

Zamioculcas zamiifolia adalah bagian dari famili Araceae yang terkenal dengan genus beracunnya, seperti Philodendron, yang mengandung kalsium oksalat. Kristal kalsium oksalat yang seperti jarum dapat mengiritasi bagian kulit, mukosa, atau konjungtiva yang sensitif.

Meskipun bersifat mengiritasi, tetapi Z. zamiifolia digunakan juga sebagai obat luar oleh suku tertentu. Misalnya, di Distrik Mulanje, Malawi dan di Pegunungan Usambara, Tanzania, mereka menggunakan jus dari daunnya untuk mengobati nyeri telinga. Sementara akar Z. zamiifolia digunakan sebagai obat koreng oleh suku Sukuma di bagian barat-laut Tanzania.

Dalam penelitiannya, Angharad Le Moullec, Ole Johan Juvik, dan Torgils Fossen, mencoba memberi udang dengan ekstrak Z. zamiifolia dalam dosis yang mematikan. Hasil penelitiannya tidak menunjukkan adanya udang yang mati karena ekstrak tersebut. Hal ini membuktikan bahwa karakter beracun Z. zamiifolia patut ditolak.

Kandungan Kimia Tanaman Dolar

Angharad Le Moullec dkk. selain meneliti kandungan Apigenin 6-C-(6″-(3-hydroxy-3-methyl-glutaroyl)-ß-glucopyranoside), juga meneliti beberapa zat kimia lainnya. Hal ini berarti kandungan kimia dalam tanaman dolar menjadi lebih jelas bagi publik. Zat kimia yang juga diteliti adalah:
  • Asam rosmarinat (Rosmarinic acid)
  • Aldehida protokatekuat (Protocatechuic aldehyde)
  • Asam (E)-kafeat ((E)-caffeic acid)
  • Metil ester asam (E)-kafeat ((E)-caffeic acid methyl ester)
  • Metil ester asam (Z)-kafeat ((Z)-caffeic acid methyl ester)
  • Asam (3R,4S,5S)-2,3,4,5-tetrahidroksitetrahidro-2 H-piran-2-karboksilat ((3R,4S,5S)-2,3,4,5-tetrahydroxytetrahydro-2 H-pyran-2-carboxylic acid)

Dari daftar di atas, tidak ada bahan kimia yang bersifat karsinogen. Hanya asam kafeat yang dicurigai karsinogenik. Itupun masih ada kontroversi penelitian mengingat hasilnya bertolak belakang. Di satu sisi asam kafeat dapat menekan kanker, sebaliknya penelitian yang lain menunjukkan asam kafeat bersifat karsinogenik.

Jadi mulai ada titik terang bahwa tidak ada bukti bahwa tanaman dolar beracun (selain bikin gatal-gatal karena kristal kalsium oksalat) apalagi menyebabkan leukemia yang notabene adalah salah satu bentuk kanker.

Leukemia

Leukemia adalah kelompok kanker yang biasanya dimulai dalam sumsum tulang dan menghasilkan jumlah sel darah putih yang sangat tinggi secara tidak normal. Sel darah putih ini tidak berkembang sempurna dan disebut sel leukemia. Gejalanya meliputi pendarahan, merasa lelah, demam, dan peningkatan risiko infeksi. Gejala-gejala ini muncul akibat kurangnya sel darah normal.

Tidak ada penyebab tunggal yang diketahui untuk semua jenis leukemia. Beberapa penyebab yang dikenal, yang bukan merupakan faktor umum dalam rentang kendali rata-rata manusia, hanya dijumpai dalam kasus yang sangat sedikit. Penyebab sebagian besar leukemia tidak diketahui. Leukemia yang berbeda-beda nampaknya memiliki penyebab yang berbeda pula.

Leukemia, seperti kanker lainnya, dihasilkan dari mutasi DNA. Mutasi-mutasi tertentu dapat memicu leukemia dengan mengaktivasi onkogen atau mendeaktivasi gen penekan tumor, dan oleh karenanya menggangu pengaturan kematian, pembedaan, atau pembagian sel. Mutasi ini dapat terjadi secara spontan atau hasil dari paparan radiasi maupun zat karsinogenik.

Kalsium oksalat

Kalsium oksalat adalah garam kalsium dari asam oksalat dengan rumus kimia CaC2O4. Kristalnya berbentuk tajam seperti amplop. Kalsium oksalat ditemukan dalam tanaman dari golongan talas-talasan (Araceae), seperti tanaman dolar yang sedang kita bahas, dan batu ginjal.

by Kempf EK [https://commons.m.wikimedia.org/wiki/User:Kempf_EK], via Wikimedia Commons, under CC BY-SA 3.0 Unported licence [https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/deed.en]

Kalsium oksalat tidak bersifat karsinogenik, meskiupn merupakan zat beracun yang dapat menghasilkan luka dan mati rasa jika terhirup dan bahkan dapat berakibat fatal. Dilaporkan sebanyak lebih dari 1000 genus tanaman mengakumulasi kalsium oksalat. Akumulasi kalsium oksalat terkait dengan detoksifikasi kalsium (Ca2+) pada tanaman.

Kesimpulan

Tanaman dolar (Zamioculcas zamiifolia) yang termasuk keluarga talas-talasan biasanya memiliki kandungan senyawa (umumnya kalsium) oksalat pada bagian tubuh tanaman. Senyawa oksalat bukanlah senyawa karsinogenik yang menjadi penyebab kanker. Kandungan senyawa oksalat ini yang menyebabkan gatal pada bagian tubuh manusia terutama bagi orang yang memiliki kulit yang sensitif. Informasi tanaman dolar penyebab kanker (leukemia) adalah HOAX.

Referensi
  1. Pohon Dollar Hijau Mengkilap on Kumpulan Info
  2. Wikipedia contributors, Zamioculcas, Wikipedia, The Free Encyclopedia, 27 April 2016, Page Version ID: 717402657, Date retrieved: 3 May 2016
  3. Le Moullec, A.; Juvik, O.J.; Fossen T. (2015), "First identification of natural products from the African medicinal plant Zamioculcas zamiifolia — A drought resistant survivor through millions of years", Fitoterapia, 106, pp. 280–285, DOI: 10.1016/j.fitote.2015.09.011
  4. Wikipedia contributors, Leukemia, Wikipedia, The Free Encyclopedia, 29 April 2016, Page Version ID: 717767363, Date retrieved: 3 May 2016
  5. Wikipedia contributors, Calcium oxalate, Wikipedia, The Free Encyclopedia, 27 March 2016, Page Version ID: 712138264, Date retrieved: 3 May 2016

Pranala Luar
Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Disclaimer: Informasi ini tidak bertujuan untuk menggantikan nasehat dokter. Sekoci.org tidak bertanggung jawab atas keputusan yang Anda buat berdasarkan informasi ini.

Tidak ke mana-mana, tapi ada di mana-mana


Emoticon Emoticon