23 May 2016

Rumor Pepsi Dicampur Permen Mentos Berbahaya Hingga Menghasilkan Racun Sianida?

Gambar: WeHeartit.com

Rumor tentang minuman Pepsi dicampur permen Mentos bisa menjadi racun sianida telah lama beredar di internet.

Beberapa blog mengabarkan tentang bahaya Pepsi jika dicampur dengan Mentos akan menjadi racun sianida. Racun sianida adalah sejenis bahan kimia yang sangat berbahaya yang biasa digunakan untuk proses pengolahan emas.

Jika sayang diri anda dan keluarga anda. Hindarkan anak-anak anda dari makan coklat Mentos bersama coke atau pepsi. Jangan makan Mentos sebelum atau selepas minum Coke atau Pepsi. Campuran kedua-kedua bahan ini akan bertukar menjadi racun sianida. Racun sianida adalah racun yang paling kuat kesan diantara semua racun.

Racun sianida banyak digunakan dalam membuat proses membuat racun rumpai dan indusri melombong emas. Kebanyakan sungai yang berhampiran lombong emas dicemari racun sianida.

Bayangkan dari ujikaji yang dilakukan. Apabila kedua bahan ini dicampur boleh menghasil letupan. Jika kita makan/minum kedua-kedua bahan ini. Adakah perut anda akan meletup atau sebaliknya.

Sila sebarkan kepada saudara mara dan sahabat handai jika anda sayang mereka. Mencegah adalah lebih baik dari merawat.

Rumor peringatan bahaya meminum pepsi dan memakan permen mentos secara bersamaan akan sangat berbahaya hingga menyebabkan "kematian secara instan" karena kedua campuran itu akan berubah menjadi "sianida", telah lama beredar dan meresahkan masyarakat.

Lalu, benarkah minuman cola dicampur permen mentos bisa menjadi sianiada? Rumor itu hingga sekarang tidak pernah terbukti. kemungkinan besar rumor itu berasal dari video yang beredar di Youtube yang menampilkan reaksi kedua bahan itu yang telah dicampur.

Rumor yang mengklaim minuman Pepsi/cola dicampur permen Mentos menjadi sianida dapat dipastikan Hoax. Bahkan versi lain mengabarkan dua orang anak dari Brazil meninggal dunia akibat mengkonsumsi cola dan Mentos, tidak benar.

SEORANG ANAK KECIL DI BRAZIL MENINGGAL SETELAH MENGKONSUMSI MENTOS DAN COCA COLA/PEPSI SECARA BERSAMAAN. SATU TAHUN SEBELUMNYA TERJADI INSIDEN SERUPA. LIHAT GAMBAR TENTANG KOMBINASI/MIX ANTARA COCA COLA (ATAU MINUMAN BERSODA LAINNYA) DAN MENTOS. WALAU BELUM DIUJI SECARA KLINIS, NAMUN PALING TIDAK DENGAN GAMBAR INI KITA BISA AWARE UNTUK MENGKONSUMSI MENTOS DAN COCA COLA DALAM WAKTU BERSAMAAN.




Setiap insiden mematikan akibat makanan/minuman pastinya akan ada tindakan serius dari pihak yang berwenang dan semuanya akan didokumentasikan secara objektif, namun kenyataannya klaim itu tidak pernah dilaporkan secara resmi dan hanya tertulis diberbagai blog saja.

TV Mythbusters tentang Discovery telah menyelidiki klaim tersebut dan mempublikasikan video  Diet Coke and Mentos MiniMyth.

Pernahkah anda mengalami harus membeli makan siang Anda dari vending machine (mesin penjual otomatis)? Siapapun yang mendengar rumor yang beredar di internet tentang anak muda yang perutnya pecah karena menenggak Diet Coke dan Mentos mungkin akan menghindari makanan manis tersebut secara bersamaan. Namun, seperti banyak sensasi dunia maya lainnya, ada berbagai rumor yang simpang siur tentang Diet Coke dan Mentos.

Memang benar bahwa jika Anda memasukan sebungkus Mentos kedalam botol cola, permen akan bereaksi dengan karbon dioksida dalam soda yang akan menghasilkan dan menyemburkan gas.

Fisikawan Tonya Coffey menggambarkan bahwa hal ini terjadi karena permukaan Mentos yang kasar dan berlubang-lubang yang mengakibatkan mendorong munculnya gelembung. Reaksi itu terjadi karena secara efisien mengganggu daya tarik kutub antara molekul air.

"Molekul air senang berdekatan dengan molekul air lainnya. Jadi pada dasarnya apapun yang Anda masukan ke soda yang menganggu jaringan molekul air bisa berperan sebagai tempat munculnya gelembung."

"Jika Anda punya permen kasar dengan rasio area permukaan yang tinggi dibanding volume, semakin banyak tempat untuk munculnya gelembung," jelas Coffey kepada situs New Scientist.

Tegangan permukaan rendah juga membantu gelembung menjadi berkembang dengan cepat. Percobaan membuktikan bahwa tegangan permukaan pada air yang mengandung pemanis aspartam lebih rendah daripada air pemanis gula. Karena itu Diet Coke menyebabkan semburan yang lebih dahsyat dibandingkan Coca-Cola klasik.

Faktor lainnya adalah permukaan Mentos yang mengandung gum arabic, surfaktan yang semakin mengurangi tegangan permukaan dalam cairan. Permen mint berpermukaan kasar tanpa surfakan tidak akan menciptakan semburan sehebat itu.

Permen Mentos juga padat dan dapat tenggelam dengan cepat, sehingga dengan cepat menciptakan gelembung yang mendorong munculnya gelembung lain saat naik. Mentos yang dihancurkan akan tenggelam dengan lebih lambat, sehingga menciptakan air mancur yang lebih kecil yang hanya menyembur sekitar 30 cm.

Namun, Ketika Anda membuka dan meminum Diet Coke, ia akan melepaskan banyak karbon dioksida bertekanan yang membentuk karbonasi tersebut. Soda menghangat saat masuk ke perut dan gas akan terus menguap. Apa yang tersisa akan menyebabkan perut Anda sedikit mengembang, tetapi tidak cukup untuk memicu semburan yang mengandung gas berbahaya jika Anda meminum soda dan sebungkus Mentos.


Gambar dibawah ini adalah nukleasi karbon dioksida pada sekitar jari. Terlihat banyak gelembung pada jari karena jari memiliki lubang pori yang sangat banyak.

Gambar: Explore Science Today

Kesimpulannya jika Anda meminum cola dan Mentos, perut Anda akan baik-baik saja dan tidak akan menyebabkan kematian karena menkonsumsi racun sianida.

Pada dasarnya, jika campuran Coke dan Mentos bisa dengan mudahnya menjadi sianida, itu akan menjadi pengetahuan umum dan tentu saja akan didokumentasikan secara rapi untuk laporan salah satu penyebab kematian diseluruh dunia.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon