12 May 2016

Fakta Sebenarnya Video Kucing Takut Mentimun


Jagat internet banyak diramaikan oleh video-video yang menampilkan kucing yang sangat ketakutan ketika melihat mentimun. Apa yang menyebabkan kucing begitu sangat ketakutan ketika melihat mentimun?

Kucing adalah makhluk yang memiliki rasa penasaran tinggi. Bukti terkini menunjukkan bahwa para singa kecil ini menganggap kita sebagai tuan rumah yang tidak penting atau anak kucing tak berbulu yang tidak berguna. Sebuah kehebohan internet terbaru yang melibatkan sahabat berbulu kita ini telah menyibak sebuah informasi aneh: untuk beberapa alasan yang sangat ganjil, mereka terlihat takut — sangat takut — terhadap mentimun.

Dalam kebanyakan video (yang beredar), para pemilik kucing terlihat mengendap-endap di belakang peliharaan mereka ketika mereka menghadap arah lain - kebanyakan sedang makan - dan menempatkan sayuran hijau panjang tersebut di belakang mereka (para kucing). Ketika kucing tersebut berbalik dan menemukan benda yang tidak terduga, mereka kehilangan akal, melompat ke udara, dan berlari secepat mungkin menjauhi mentimun tersebut. Dalam beberapa video, para kucing kemudian sibuk menatap ketimun, sia-sia menunggu mentimun itu bergerak.

Tetapi kemudian tersisa sebuah pertanyaan: mengapa bisa para kucing takut terhadap sayuran yang tidak berbahaya ini?

Sebenarnya, tidak ada satupun video mengenai kucing yang melihat mentimun dari kejauhan lalu kemudian mendatanginya untuk menginterogasinya, jadi kemungkinannya pemandangan tak terduga dari sebuah mentimun di belakang merekalah yang menakutkan, bukan mentimunnya: sebuah nanas yang muncul secara tidak terduga pun akan sama menakutkannya. Ternyata, Dr. Roger Mugford, seorang spesialis perilaku hewan, mengatakan kepada The Telegraph: "Saya kira reaksi tersebut adalah karena rasa baru dan tidak terduga ketika menemukan benda aneh yang ditempatkan secara sembunyi-sembunyi ketika kepala mereka sedang menunduk makan dari mangkuk mereka."

Kucing menunjukkan kecurigaan terhadap apapun yang bergerak secara cepat, menghasilkan banyak suara, atau menyala secara tidak beraturan: pada intinya, apapun yang tidak dapat dimengerti mereka sepenuhnya, yang mana tidak jauh berbeda dengan kebanyakan hewan. Perlu dicatat juga bahwa sebagian besar kucing adalah hewan penyendiri, dan manusia dapat bersosialisasi seperti hewan - oleh karena itu mereka sudah cukup dibingungkan oleh kita akan hal tersebut. Menakut-nakuti mereka dengan mentimun secara tiba-tiba mungkin tidak akan membantu.

"Kucing harus selalu waspada akan hal-hal yang tidak diketahuinya: itu bisa saja jadi tanda bahaya dari seekor ular atau predator lainnya," lanjut Mugford, "Saya duga akan muncul reaksi yang sama terhadap mainan laba-laba, ikan dari plastik atau topeng manusia."

Kesimpulan: Kucing-kucing yang terlihat didalam video sebenarnya tidak takut melihat mentimun. Mereka kaget karena tak mengira akan sebuah benda yang tidak biasa ada di belakang mereka hingga menyebabkan mereka terlihat seperti ketakutan.

Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!

Referensi:
IFL Science
The Telegraph



Emoticon Emoticon