06 May 2016

Anjing Menyelamatkan Bayi Baru Lahir?


Telah lama beredar gambar dengan klaim yang menyatakan seekor anjing menyelamatkan bayi yang baru lahir yang ditinggalkan di jalan lalu membawanya ke tempat aman. Gambar anjing yang nampak membawa bayi baru lahir (dengan tali pusar yang masih menempel) itu menjadi viral di media sosial.

Gambar seekor anjing menggonggong seorang bayi yang baru lahir ini tersebar meluas di laman sosial semalam.

Kejadian yang berlaku di Jordan itu, bayi perempuan yang baru lahir dan masih bertali pusat ini dibuang oleh ibunya di sebuah rumah kosong dan terbiar tanpa sebarang pakaian atau barang keperluan dipercayai mahu membiarkan bayinya mati di rumah tersebut.

Bagaimanapun, mujur seekor anjing berwarna kuning ini menjumpai bayi berkenaan dan menggonggongnya keluar dari rumah terbiar itu dan membawanya ke rumah seorang penduduk berhampiran.

Menurut sumber, bayi berkenaan yang masih bernyawa segera dihantar ke hospital untuk diberikan rawatan.

Netizen di media sosial pula tidak putus-putus memuji tindakan anjing itu yang dianggap lebih berperikemanusiaan daripada ibu bayi itu.



HOAX

ANALISIS

Gambar seekor anjing membawa sesok bayi telah lama beredar dengan klaim yang sama. Untuk mencari keterangan yang sebenarnya tentang gambar tersebut cukup sulit. Banyak artikel yang mengisahkan tentang cerita tersebut, semuanya tidak menyebutkan lokasi pasti. Semua artikel saling mengklaim lokasinya berbeda-beda dari berbagai negara.

Laporan serupa mengenai anjing yang menyelamatkan seorang bayi sudah muncul di beberapa situs website selama beberapa tahun ke belakang. Gambar itu digunakan untuk memperkuat cerita yang dilaporkan, namun tidak satupun gambar itu benar-benar terkait dengan semua cerita yang selama ini beredar.

Berikut adalah beberapa cerita yang tentang seekor anjing menyelamatkan bayi.

Tahun 2008, di Argentina.
Link
Tahun 2013, di Thailand. Link
Tahun 2015, di Arab Saudi. Link
Tahun 2015, di Brazil. Link


Kesimpulan: Tidak ada bukti valid gambar tersebut benar sesuai dengan klaim yang selama ini beredar, tidak ada rincian lengkap seperti waktu dan tempat. Ataukah mungkin anjing tersebut bisa berpindah-pindah negara untuk menyelamatkan bayi yang dibuang orang tuanya? Yang pasti, gambar itu telah lama beredar dengan cerita yang hampir sama namun lokasi yang berbeda-beda di setiap negara.

Update: Kami mendapatkan video lengkap, anjing tersebut tidak menyelamatkan bayi, namun bayi tersebut telah meninggal ketika ditemukan anjing dan lalu membawanya pergi.





Salam Icokes. Sekoci Hoaxes!


Emoticon Emoticon