26 April 2016

Sinar kosmik dari Mars menyerang Bumi, HOAX

ilustrasi radiasi kosmik. Kredit: NASA/Simon Swordy ilustrasi radiasi sinar kosmik. Kredit: Credit: NSF/J. Yang

Peringatan untuk mematikan ponsel yang pertama kali beredar dari sebuah posting di blog pada tahun 2008 kembali muncul. Pada akhir 2012, pesan tersebut mengemuka kembali melalui surat elektronik (e-mail), layanan pesan singkat (SMS), dan posting di sosial media. Tidak bosan-bosannya, pesan ini muncul kembali sebagai kado awal tahun 2016.


Status:

HOAX

Asal-usul

Pesan berantai berkenaan dengan pancaran sinar kosmik dari Mars yang menyerang Bumi sudah muncul sejak tahun 2008, dalam beragam versi Bahasa. Berikut adalah beberapa contoh dalam bahasa Inggris dan Indonesia:

Malam ini 00:30-03:30 pastikan untuk mematikan telepon: TV Singapura telah mengumumkan berita. Tolong selepas baca ini, lindungi diri anda. Beritahukan kerabat terkasih dari teman-teman. Hari ini malam dari 12:30-03:30, berbahaya, radiasi yang tinggi, sinar kosmik akan melewati dekat dengan bumi. Jadi matikan ponsel Anda. Jangan biarkan ponsel Anda dekat dengan tubuh Anda, dapat menyebabkan kerusakan jaringan tubuh. Silahkan cek Google NASA dan BBC News. Menebarkan pesan ini kepada semua yang kalian peduli. Src: spaceweather.com, BBC, NASA


^^ATTENTION!

~ Tonight at 10:30 pm up to 3:30 am COSMIC RAYS will be entering earth from Mars, so pls switch off ur mobile phone at night. Dont keep urcp with u & put it away while u are sleeping b'coz these are quite DANGEROUS RAYS.
from: BBC WORLD NEWS (LIVE) kababalita lng a few hours ago.
Pls helpme 2 spread ds msg & dont forget 2 send this msg to ur loved ones!Thankyou!
~forwarded .


Hi all Tonight by 12.30 am cosmic rays from Mars enter into our atmosphere. You are requested to SWITCH OFF your mobile during that time .This is a request by NASA through BBC . Pls Forward it to all.

Pembahasan

Salah satu ciri hoax sirkular adalah ditutup dengan kata-kata ...sebarkan..., ...teruskan..., ...forward... dan sejenisnya. Selain dari pola pesannya, kita perlu juga kaji isinya apakah ada kejanggalan atau tidak.

Sinar kosmik

Apakah sebenarnya sinar kosmik? — Sinar kosmik adalah partikel yang membombardir Bumi dan berasal dari luar atmosfer. Belum ada gambaran pasti tentang sinar kosmik, tetapi penelitian tentang jumlah dan jenis partikel yang terkandung di dalamnya membantu untuk memahami proses percepatan yang terlibat, serta untuk menentukan komposisi Matahari.[1] Sebagian besar partikel tersebut berupa inti atom maupun elektron. Untuk inti atom, sebagian besar berupa proton tunggal (inti atom hidrogen), namun beberapa ada yang lebih berat hingga mencapai inti atom timbal. Partikel sinar kosmik bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Hal ini berarti, sinar kosmik memiliki energi yang sangat besar. Beberapa di antaranya, adalah partikel yang paling berenergi yang pernah diamati di alam.[2]

Dari manakah sinar kosmik berasal? — Partikel sinar kosmik berenergi rendah berasal dari Galaksi Bima Sakti. Mereka terbentuk, langsung atau tidak langsung, dari ledakan Supernova yang menandai kematian bintang. Ledakan ini melontarkan medan magnet yang bergerak cepat berupa partikel bermuatan. Inti sinar kosmik memperoleh energi ketika mereka bertumbukan seperti reflektor bergerak.[2] Asal-usul sinar kosmik yang berasal dari ledakan supernova selama ini baru berupa hipotesis, hingga akhirnya Stefan Funk, peneliti dari Stanford University beserta team dari SLAC National Accelerator Laboratory berhasil membuktikan hipotesis tersebut menggunakan fasilitas teleskop Fermi milik NASA.[3]

Apa yang terjadi ketika sinar kosmik menghantam Bumi? — Oleh karena sinar kosmik adalah salah satu bentuk radiasi, partikel ini dapat mencederai manusia dan merusak mesin. Beruntunglah kita, medan magnet dan atmosfer Bumi melindungi kita dari sebagian besar sinar kosmik. Rata-rata, manusia dihantam sekitar 2,3 milisievert (mSv) radiasi per tahun. Milisievert adalah satuan pengukuran radiasi. Sinar kosmik menyusun sekitar 0,2 mSv dari radiasi yang kita terima setiap tahunnya. Tidak banyak; kurang dari 10% total radiasi.

Planet Mars

Planet Mars, seperti telah tercantum pada namanya, adalah sebuah planet dalam tata surya kita yang berada di urutan keempat dari Matahari setelah Merkurius, Venus, dan Bumi. Mars adalah planet kedua terkecil setelah Merkurius.

Hal yang perlu diperhatikan

  • Planet tidak memancarkan sinar kosmik. Hasil penelitian yang dilakukan oleh team dari Stanford University telah membuktikan bahwa sebagian besar sinar kosmik yang menghujani Bumi berasal dari ledakan bintang dengan jarak sangat jauh.
  • Atmosfer Bumi melindungi kita dari sebagian besar sinar kosmik.
  • Satu-satunya pengaruh sinar kosmik pada telepon seluler yang memungkinkan berhubungan dengan satelit komunikasi, karena satelit lebih terpengaruh oleh sinar kosmik tanpa perlindungan dari atmosfer Bumi.
  • Tidak ada bukti bahwa baterai telepon selular di Bumi dapat dipengaruhi oleh sinar kosmik.
  • Observatorium Pierre Auger yang mendiskusikan asal-usul sinar kosmik menyatakan, "Partikel sinar kosmik berenergi rendah yang menghujam Bumi berasal dari dalam Galaksi Bima Sakti. Mereka berasal dari, baik langsung maupun tidak langsung, ledakan supernova yang menandai matinya banyak bintang."

Kesimpulan

Tidak ditemukan dasar ilmiah berkenaan dengan klaim bahwa telepon seluler terpengaruh oleh sinar kosmik dari Mars. Rumor yang beredar selama bertahun-tahun, tetapi meresahkan, tidak didukung oleh sumber ilmiah maupun media yang dapat dipercaya. Selain itu, baik BBC maupun NASA tidak pernah membuat pengumuman tentang sinar kosmik dan telepon seluler. Terakhir, dan paling mendasar, sinar kosmik tidak berasal dari planet manapun.

Referensi

[1] Anderson, P.W., (2012), Cosmic Rays, Cosmicopia, an abundance of cosmic rays, tanggal akses: 2016-04-19
[2] The Mystery of High-Energy Cosmic Rays, Pierre Auger Observatory, tanggal akses: 2016-04-19
[3] Cosmic rays: Fermi telescope settles mystery of origin, on bbc.com, (2013-02-14), tanggal akses: 2016-04-19
[4] Cosmic Rays on windows2universe.org, tanggal akses: 2016-04-19
[5] Wikipedia contributors, Mars, Wikipedia, The Free Encyclopedia, ver: 715581683 (2016-04-16), tanggal akses: 2016-04-19

Tidak ke mana-mana, tapi ada di mana-mana


Emoticon Emoticon