13 April 2016

Penampakan Monster Nessie di Sungai Thames, Inggris.

Ilustrasi Nessie oleh 1stclasswarrior dengan lisensi CC-BY-SA 3.0

Telah menjadi viral dua buah video yang menggambarkan objek misterius di Sungai Thames di selatan Inggris.

Video pertama diposting ke YouTube pada tanggal 27 Maret, sesaat sebelum April Mop. Video ini posting oleh akun Penn Plate di Youtube. Profil akunnya tidak ada foto, tidak ada email dan tidak ada informasi identitas selain nama pengguna. Videonya singkat dan gambarnya tidak begitu jelas, direkam dari kamera ponsel yang menunjukkan sungai Thames dari cable car. Pada awal video tersebut tampak 'dua gundukan' gelap di dalam air dan perlahan menghilang.



Berbagai spekulasi bermunculan. Ada yang menyebutkan bahwa itu kapal perang Russia. Ada juga yang berteori bahwa itu monster Loch Ness, jenis monster air tawar.

Beberapa hari kemudian, pada tanggal 9 April 2016, muncul video kedua dengan klaim serupa mengenai munculnya Nessi si monster air tawar di Sungai Thames Inggris. Video tersebut diunggah oleh akun Iea K di Youtube.


Team Sekoci mencoba menganalisis kedua video tersebut.

Kami memperbesar kedua video dan memperhatikan dengan cermat. Objek yang diklaim adalah sebuah objek besar lebih mirip dua binatang kecil yang sedang beriringan, satu di depan yang satu lagi hanya bayangan yang menciptakan ilusi panjang.

Ada keraguan tentang keaslian video pertama. Logikanya, jika ada objek aneh yang tertangkap kamera, kita pasti akan tetap fokus pada objek tersebut, tidak menggerakan kamera ke berbagai arah.
Keanehan lainnya, tidak ada reaksi penasaran dari orang lain, baik gerakan maupun suara, padahal jika kita dengar menggunakan ear phone, ada suara-suara di latar belakang, menandakan dia tidak sendirian.

Ada beberapa penjelasan ilmiah mengenai hal ini dan tidak ada hal yg aneh atau luar biasa.

Pertama, tahun lalu media U.K. melaporkan bahwa lebih dari 2.000 anjing laut dan 450 ikan lumba-lumba terlihat di Sungai Thames selama dekade terakhir.

Sebuah survey tentang kemunculan hewan mamalia di Sungai Thames dilakukan oleh Zoological Society of London. Lebih dari 1.200 mamalia laut tampak di sungai selama satu dekade, sebagian besar dari mereka adalah anjing laut bintik hitam (Harbor Seal) dan anjing laut abu-abu (Grey Seal), yang dapat tumbuh menjadi cukup besar.

Objek pada kedua video tersebut tampak seperti sepasang lumba-lumba atau anjing laut yang sedang berenang. Namun Team Sekoci menepis kemungkinan ini karena berdasarkan pengetahuan kami, lumba-lumba atau anjing laut berenang sangat cepat tidak seperti yang tampak pada video.

Kedua, beberapa tahun yang lalu, peneliti di Inggris menyiapkan jaring di Sungai Thames yang berfungsi untuk menjaring semua jenis sampah plastik. Pada tahun 2012, peneliti menempatkan jaring di tujuh titik di muara Thames, kemudian kembali setiap tiga hari selama tiga bulan untuk memilah-milah sampah tersebut.

Team Sekoci lebih yakin kalau objek yang terekam pada kedua video adalah jaring berisi sampah yang timbul tenggelam.

Tetapi kami belum menyimpulkan apa pun sampai kami mendapatkan data yang valid. Artikel ini akan terus kami update.

Bagaimana menurut Sahabat Sekoci?

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!

Sumber:
  1. Mysterious Giant Creature:Object In The Thames on YouTube
  2. Nessie in the Thames by lea k on YouTube
  3. London river Thames now home to seals, porpoises and whales on earthtouchnews.com
  4. Thames filled plastic junk on conservationmagazine.org
  5. Loch Ness Monster on wikia.com


Emoticon Emoticon