14 April 2016

Mumi berusia 1.500 tahun mengenakan sepatu Adidas

Jagat maya dikejutkan dengan penemuan mumi berusia 1500 tahun yang mengenakan sepatu Adidas.



Para arkeolog telah menemukan sebuah mumi yang diduga berjenis kelamin perempuan asal Turkik pada ketinggian 2.803 meter di pegunungan Atlai, Mongolia. Ini adalah sebuah penemuan yang sangat penting, yang dapat menceritakan kepada kita tentang  kepercayaan dan upacara kaum Turkik. Tetapi orang-orang justru fokus pada benda yang menyerupai alas kaki yang dikenakan oleh mumi tersebut.  Alas kaki yang diklaim dengan logo tiga garis khas sepatu asal Jerman, Adidas.  Hal ini telah menyebabkan orang-orang berspekulasi bahwa mesin waktu benar-benar ada.

Apakah sepatu yang dikenakan mumi tersebut benar-benar merk Adidas?


Tentu saja tidak.  Perusahaan sepatu  Adidas didirikan pada tahun 1949, sedangkan mumi itu berusia 1.500 tahun yang artinya terkubur sekitar tahun 500-600 Masehi.

Pada situs Siberiantimes.com, B. Sukhbaatar, peneliti di Khovd Museum, tidak menyebut-nyebut kata Adidas pada penjelasan tentang hasil temuan tersebut.  Sukhbaatar mengatakan bahwa, ''Temuan menunjukkan bahwa orang-orang ini pengrajin yang sangat terampil. Mengingat bahwa ini adalah makam orang yang sederhana, kita memahami bahwa keterampilan kerajinan dikembangkan cukup baik."


Penjelasan tersebut disampaikan sehubungan dengan ditemukan juga benda-benda lain yang terkubur bersama mumi tersebut, diantaranya (diduga) alas kaki, sadel, tali kekang, vas tanah liat, mangkuk kayu, palung, ketel besi, tas yang dibordir dan pakaian Mongolia.

Kesimpulannya, klaim bahwa mumi tersebut mengenakan sepatu Adidas adalah Hoax.


Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!

Sumber:


Mumi Berusia 1.500 Tahun Ditemukan Pakai Sepatu Adidas, Banjarmasin Post, 13 April 2016

Alexander Lumbantobing, Mumi Berusia 1.500 Tahun Ini Mengenakan Sepatu 'Adidas'?, Liputan6.com, 13 April 2016

Will Stewart, Is this proof of time travel? Scientists discover 1,500-year-old mummy in ADIDAS boots, The Sun, 11 April 2016

Kontributor Wikipedia, Adidas, Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, ver 11488322 (14 April 2016)

Anna Liesowska, Archeologists find ancient mummy approximately 1,500 years old in Mongolia, The Siberian Times, 09 April 2016


Emoticon Emoticon