11 April 2016

Foto Harley-Davidson tahun 1914


Sebuah foto antik dua orang duduk di sepeda motor Harley-Davidson sering dibagikan dengan disertai klaim yang tidak akurat bahwa mereka dalam foto tersebut adalah pendiri perusahaan.

KLAIM: Sebuah foto menunjukkan William Harley dan Arthur Davidson memperkenalkan sepeda motor pertama mereka pada tahun 1914.

SALAH

CONTOH: [Dikumpulkan dari Twitter, Maret 2016]


ASAL USUL: Sebuah foto antik dua orang mengendarai sepeda motor Harley-Davidson sering dibagikan secara online bersama dengan klaim bahwa kedua pria dalam gambar tersebut adalah pendiri perusahaan, William Harley dan Arthur Davidson, dan bahwa gambar diambil saat peresmian sepeda motor pertama mereka pada tahun 1914:



Meskipun foto itu adalah asli berdasarkan tanggal pengambilan, namun cerita latar yang umum menyertainya ternyata tidak.

Gambar ini pertama kali muncul online ketika diposting oleh Ross Hollibaugh ke situs web yang didedikasikan untuk foto-foto lama dari sepeda motor Harley-Davidson. Meskipun Hollibaugh tidak sepenuhnya yakin tentang asal-usul gambar itu, ia mengklaim bahwa itu menunjukkan dua kerabatnya berpose di sebuah dealer Harley-Davidson di Minnesota, bukan pendiri Harley-Davidson seperti yang disebutkan pada judul:

"Aku sedang menikmati halaman Anda dengan semua Harley tua dan ingat bahwa saya memiliki foto kakek sepupu saya dan saudara kakeknya yang masing-masing duduk pada Harley baru tahun 1914 yang mereka beli pada tahun 1914. Saya tidak yakin, tapi saya percaya foto tersebut mungkin diambil di dealer (mungkin bukan benar-benar dealer, tapi orang itu pasti distributor HD) di Wanamingo, MN.

Wanamingo berjarak 6 mil dari Zumbrota. Aku masih memiliki keluarga baik di Wanamingo maupun Zumbrota. Sepupu saya masih memiliki tanda terima asli untuk sepeda kakeknya dan ia scan salinan untuk saya. Anda dapat melihat pada faktur milik Lars Johnson dari Zumbrota, MN ketika membeli motornya seharga $245 dengan uang muka tunai hanya $10. Lars adalah kakek sepupu saya (Steve Johnson)."


Pada mulanya, gambar yang diambil pada tahun 1914 tidak bisa menangkap William Harley dan Arthur Davidson (yang keduanya berusia 33 tahun saat itu) saat peresmian sepeda motor pertama mereka, karena produksi awal Harley-Davidson telah keluar pada tahun 1903, dan dealer pertama Harley-Davidson telah dibuka setahun kemudian. Pada tahun 1914, Harley-Davidson telah memasuki dunia balap motor.

Kami tidak dapat menemukan gambar yang sebanding dengan Harley dan Davidson pada sepeda motor mereka tahun 1914, tetapi sebuah foto mereka yang diambil pada tahun 1924 jelas menunjukkan bahwa dua pria yang terlihat pada foto tahun 1914 yang ditampilkan di atas bukan pendiri Harley-Davidson yang terkenal itu:


Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!

Sumber:

Dan Evon, Gnarly Harley on snopes.com

Tidak ke mana-mana, tapi ada di mana-mana


Emoticon Emoticon