07 April 2016

BENARKAH - Inai Mengandung Zat Kimia yang Sangat Berbahaya?

Berita lama beredar kembali sudah tidak mengherankan. Berita daur ulang apalagi yang berbau kesehatan. Berita tentang tangan yang melepuh karena inai kembali menyeruak. Teranyar yang ditemukan tertanggal 4 April 2016, dan terlawas yang dapat kami temukan tertanggal 15 Juni 2015.

Berikut petikan dari sumber terlawas yang dapat kami temukan.

Isi berita

HEBOH! Inai mengandung zat KIMIA Yang SANGAT BERBAHAYA

15 June 2015 - Kategori Blog

INI PENTING DAN TOLONG DIBACA SEJENAK.


Tolong sebarkan kepada semua wanita yang anda kenal.

Kalau mau pakai pacar di tangan atau yg lebih dikenal tato henna mehndi hati2 ya sahabat ,,,,karena banyak kejadian tangan jadi melepuh karena elergi,,bahkan katanya ada yg sampai di amputasi,,
TOLONG SEBARKAN campuran inei ini berada dimana mana/dipasarkan dg nama :
” PARTY MEHNDI RED CONE ” jangan pakai inai ini karena mengandung zat KIMIA Yang SANGAT BERBAHAYA ,,
Ini kejadian bukan hanya terjadi sama 1 orang saja,,tetanggaku sendiri ,juga kena,,tapi untung nya tidak separah yg di foto,,

Jadi hati2 ya sahabat kalau mau pakai,,mencegah lebih baik dari pada mengobati,,,
Silahkan yg ingin SHARE agar banyak teman2 kita yg terselamatkan.,,ini beberapa contoh tangan yang elergi pakai henna mahendi,,semoga bermanfaat,,

Pembahasan


Mehndi adalah seni menghias tubuh dengan menggunakan bahan racikan yang berasal dari tanaman Henna atau Lawsonia inermis[1] dan merupakan bentuk seni upacara yang berasal dari benua India kuno.

Di zaman Mesir kuno, Henna telah digunakan sebagai kosmetik untuk pewarna rambut dan sudah menjadi tradisi selama berabad-abad yang lalu di belahan lain dari Afrika Utara, Semenanjung Arab, dan Asia Selatan. Henna mengandung zat warna Lawson yang dapat diekstrak sebagai kristal berwarna kuning jingga. Daunnya mengandung Tanin[2] yang dapat digunakan sebagai obat penghenti Diare. Serbuk daunnya untuk mengobati luka, bagian bunganya mengandung minyak atsiri[3] yang berbau seperti trimetilamina[4] yang digunakan dalam kosmetika. Bijinya mengandung minyak (10,5%), kayunya berwarna kelabu, keras, dan digunakan untuk membuat barang-barang kecil seperti tusuk gigi.[5]

Di Eropa, Henna sangat populer di kalangan wanita yang tergabung dalam gerakan estetika dan  di kalangan seniman Pra-Raphael dari Inggris pada era 1800-an. Istri Dante Gabriel Rossetti, Elizabeth Siddal, Evelyn De Morgan dan Frederick Sandys, serta classicists akademis seperti Frederic Leighton, pelukis Perancis, Gaston Bussiere adalah beberapa orang yang menggunakan Henna sebagai pewarna rambut mereka.

Untuk mewarnai rambut, Henna dapat dicampur dengan pewarna rambut alami lainnya termasuk Cassia obovata atau Senna italica[6] untuk mendapatkan warna dengan nuansa merah, pirang, nila atau untuk mencapai warna coklat dan hitam. Beberapa produk yang dijual sebagai "pacar" menyertakan pewarna alam lainnya. Bahan lain termasuk garam logam yang dapat berinteraksi dengan perawatan berbahan kimia, atau minyak dan lilin yang dapat menghambat pewarnaan.

Mehndi merupakan bentuk seni upacara yang berasal dari benua India kuno. Dijelaskan dalam buku ritual Hindu Veda, Mehndi merupakan bentuk seni upacara dari benua India kuno yang menggunakan kunyit untuk menghias telapak tangan wanita dan juga pria di zaman itu. Tetapi, seiring berjalannya waktu, saat ini Mehndi lebih dikenal sebagai seni menghias tubuh bagi wanita. Ada banyak variasi dan jenis kategori desain Mehndi, diantaranya Mehndi desain Arab, Mehndi desain India, dan Mehndi desain Pakistan. Tidak hanya di tiga negara tersebut, para wanita di Bangladesh, Pakistan, dan Sri Lanka juga biasanya menggunakan Henna atau Mehndi untuk menghias tangan dan kaki mereka untuk acara pernikahan, perayaan keagamaan, upacara adat.

Di zaman modern seperti saat ini kebanyakan orang membeli Henna siap pakai yang terisi dalam tabung berbentuk kerucut untuk mempermudah penggunaannya dalam melukis tubuh. Henna berbahaya untuk penderita defisiensi glukosa-6-fosfat dehidrogenase[7] yang biasanya terjadi pada kebanyakan pria, bayi dan anak-anak dari kelompok etnis tertentu, terutama dari Timur Tengah dan Afrika Utara, yang sangat rentan.

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat tidak mempertimbangkan resiko ini sebagai ketidakmurnian kimia atau zat-zat yang menurut hukum tidak termasuk dalam makanan, atau pestisida (Adulterants) dan dianggap ilegal sehingga tidak disarankan untuk digunakan pada kulit. Telah diketahui bahwa di dalam pasta Henna terdapat perak nitrat[8], carmine[9], pirogalol[10], Disperse Orange Dye[11], dan kromium[12] yang kesemuanya dapat mengakibatkan alergi dan inflamasi kronis[13] dan biasanya dipakai untuk produk pewarna rambut dan tekstil.

Kesimpulan

Produk Henna alami apabila digunakan secara wajar dapat menjadi alternatif yang baik untuk pewarna rambut & kulit berbasis kimia. Tapi mengingat bahaya tersebut, penting untuk berhati-hati saat menggunakan Henna yang siap pakai untuk pesta dan acara-acara lainnya. Ketika Anda membeli produk Henna, Anda harus mencari/melihat terlebih dahulu siapa produsen dan dimana alamatnya, dan juga isi dari produk tersebut. Selain itu, selalu lebih baik untuk melakukan tes terlebih dahulu dan memeriksa reaksi apa pun sebelum Anda melakukan proses lebih lanjut.

Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!

Sumber:

  1. Wikipedia contributors, Henna, Wikipedia, The Free Encyclopedia, ver 12499853 (March 29, 2016) 
  2. Wikipedia contributors,Tannin, Wikipedia, The Free Encyclopedia, ver 707205622 (February, 27, 2016)
  3. Wikipedia contributors, Essential oil, Wikipedia, The Free Encyclopedia, ver 713562528 (April 4, 2016)
  4. Wikipedia contributors, TrimethylamineWikipedia, The Free Encyclopedia, ver 688696170 (November 2, 2015)
  5. Kontributor wikipedia, Pacar kuku, Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas, ver 8754142 (February 26, 2015)
  6. Wikipedia contributors, Senna italicaWikipedia, The Free Encyclopedia, ver 690002658 (November 10, 2015)
  7. Wikipedia contributros, Glucose-6-phosphate dehydrogenase deficiencyWikipedia, The Free Encyclopedia, ver 711348378 (March 22, 2016)
  8. Wikipedia contributors, Silver nitrateWikipedia, The Free Encyclopedia, ver 707202050 (February 27, 2016)
  9. Wikipedia contributors, CarmineWikipedia, The Free Encyclopedia, ver 712593986 (March 30, 2016)
  10. Wikipedia contributors, PyrogallolWikipedia, The Free Encyclopedia, ver 703998952 (February 8, 2016)
  11. Disperse Dyes: Properties of Disperse Dye, on textilefashionstudy.com, (April 25, 2012)
  12. Wikipedia contributors, ChromiumWikipedia, The Free Encyclopedia, ver 713349261 (April 3, 2016)
  13. Inflammation in Chronic DiseaseCIHR research initiatives, Canadian Institutes of Health Research, (2015-11-26)
Klik di sini untuk melihat diskusi mengenai topik ini di Group Sekoci.

Tidak ke mana-mana, tapi ada di mana-mana


Emoticon Emoticon