26 April 2016

Bagaimana Cara Menemukan dan Menentukan Sumber Terpercaya di Internet?

Gambar oleh THE SALZBURG ACADEMY ON MEDIA & GLOBAL CHANGE di bawah lisensi CC-BY 3.0

Siapa saja dapat membuat situs web. Sekolah, perusahaan, lembaga pemerintahan, rumah ibadah, dan perpustakaan memiliki situs web agar orang-orang dapat mempelajari apa yang mereka lakukan. Selain itu, setiap orang juga dapat membuat situs web personal atau blog untuk menulis tentang keluarga mereka, teman-teman, pekerjaan, atau subjek lainnya. Menyadari keberadaan jutaan situs web di luar sana, terkadang sangat sulit untuk menentukan kebenaran informasi dalam situs tersebut. Karena kurangnya peraturan, sebuah situs dapat memberikan informasi palsu tanpa memikirkan konsekuensinya. Maka dari itu sangatlah penting jika setiap pengguna internet meluangkan waktunya untuk mengevaluasi kredibilitas sebuah situs web.

Salah satu cara termudah untuk menentukan kredibilitas sumber dalam jaringan adalah dengan melihat tujuan situs web tersebut dibuat, yang seringkali dapat diketahui dari akhiran pada alamat situs. Seperti contohnya, jika sebuah situs web memiliki akhiran ".com", kemungkinan besar tujuannya adalah untuk menjual produk atau jasa. Demikian, informasi dalam situs ini kemungkinan memiliki bias untuk mendapatkan pengunjung untuk membeli apapun yang dijual di sana. Contohnya, sebuah artikel mengenai pentingnya menemukan ukuran yang tepat untuk tali leher anjing akan terlihat seperti informasi biasa. Tetapi jika artikel tersebut muncul di sebuah situs web yang menjual kelengkapan hewan peliharaan, bisa saja terjadi bias. Singkatnya, toko kelengkapan hewan peliharaan ingin menjual tali leher anjing kepada orang-orang sebanyak mungkin. Selain itu, akhiran alamat ".edu" adalah properti institusi pendidikan seperti perguruan tinggi dan universitas. Pengunjung dapat menemukan artikel yang ditulis oleh seorang profesor dalam topik tertentu. Profesor itu dapat mengabaikan mandatnya di akhir artikel dan kutipan. Elemen-elemen ini dapat membangun sebuah situs web menjadi sumber yang terpercaya. Perlu diketahui, para mahasiswa juga berkontribusi besar dalam situs .edu. Sangat baik untuk memperhatikan kutipan ketika berhadapan dengan tulisan mahasiswa untuk memastikan kredibilitasnya. Alamat web berakhiran ".gov" adalah situs web milik pemerintah. Meskipun bukan situs yang bersifat komersial, sangatlah bijak jika mencari mandat dari para penulis artikel dan referensi. Terkadang, situs ".org" didesain dengan sebuah bias dalam kelompok atau organisasi tertentu. Sangatlah berguna untuk membaca seluruh artikel online dengan pandangan kritis.

Elemen dalam situs web sendiri bisa saja menunjukkan beberapa petunjuk mengenai tingkat kredibilitas. Contohnya, banyak situs artikel mencantumkan pranala yang dapat diklik oleh seorang pengunjung untuk mendapatkan informasi lebih banyak. Jika terdapat beberapa pranala yang "mati" (deadlink) atau tidak mengarah ke manapun, artinya situs tersebut tidak terbaharui. Pembuat situs absah akan meluangkan waktu untuk selalu memperbaharui pranala sehingga para pengunjung dapat mengetahui lebih jauh. Keberadaan pranala mati adalah indikasi kuat jika situs web ini lama tidak diurus. Tip bermanfaat lainnya adalah dengan melihat tanggal artikel tersebut dan tanggal studi dan sumber dalam artikel. Jika sebuah artikel menguti sebuah studi yang dilakukan 10 tahun yang lalu, ini akan mengarahkan ke pertanyaan tentang reliabilitas informasi tersebut. Ini khususnya berlaku jika ada lebih banyak penelitian yang tersedia dengan judul yang serupa. Keberadaan banyak ejaan yang salah dalam sebuah situs web juga merupakan indikasi bahwa situs tersebut bukanlah sumber yang terpercaya. Seorang yang membuat situs web yang didesain untuk menyediakan informasi faktual kepada orang-orang akan memperhatikan ejaan dan tata bahasa agar terlihat lebih profesional. 

Pada akhirnya, sangat bijak untuk selalu melakukan konfirmasi terhadap segala fakta yang ditemukan dalam situs web. Anda dapat melakukannya dengan penelitian mendalam secara online dan/atau mempelajari beberapa publikasi tercetak di perpustakaan. Jika informasi yang sama ditemukan pada situs web dan publikasi tercetak yang terpercaya, hal itu meningkatkan kemungkinan bahwa informasi tersebut akurat. 

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang menentukan kredibilitas sumber online, silakan kunjungi:


Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!

Sumber:

How to Search & Determine Credible Sources on the Internet on WhoIsHostingThis.com


Tidak ke mana-mana, tapi ada di mana-mana


Emoticon Emoticon