13 April 2016

9 Gambar Manipulasi Yang Menjadi Viral

Jordan Peters - Levitation (Photo Manipulation)

Disini kami mengumpulkan beberapa tipuan gambar yang pernah menjadi viral, bahkan kemungkinan tetap akan menjadi viral di masa depan. Banyaknya gambar-gambar yang menyebar di internet yang tidak lain adalah hasil manipulasi digital, dari mulai bencana alam, teror, tragedi dan lainnya.

1. Serangan hiu dibawah helikopter

serangan hiu

Gambar klasik ini menunjukkan seekor hiu mencoba untuk mendapatkan makan malam dengan menyerang seorang pria di tangga helikopter. Gambar ini adalah tipuan populer yang telah lama beredar dengan begitu banyak klaim yang berbeda-beda hingga kami tidak sanggup lagi menghitungnya. Gambar ini biasanya dikaitkan dengan judul "Kami pikir Anda sedang mengalami hari buruk di tempat kerja!"

Apakah gambar itu asli? tentu saja itu gambar palsu. Gambar asli dari helikopter diambil oleh Lance Cheung, di bawah ini gambar aslinya.

hiu-serangan-original

2. Pria di foto dengan penampakan pesawat sebelum menabrak WTC

911-tipuan

Gambar ini dikenal sebagai foto pria tragedi 9/11, foto ini tersebar di internet seperti wabah, tidak lama setelah serangan 9/11. Pesan dari keterangan foto ini mengklaim bahwa gambar itu ditemukan pada kamera digital dalam reruntuhan bangunan World Trade Center.

Terlihat seorang pria tengah berdiri diatas platform di salah satu bangunan, tepat dibelakangnya nampak sebuah pesawat yang akan menabrakan WTC. Gambar itu menjadi viral karena terlihat jelas pesawat di belakang pria tersebut di klaim yang menyebabkan serangan 9/11 di WTC yang menewaskan ribuan orang.

Jika diperhatikan dengan teliti, nampak terlihat pesawat yang salah, maskapai yang salah dan arah yang salah dari pesawat yang menabrak gedung WTC. Hal ini kemudian dikonfirmasi oleh pria dalam foto itu, Peter Guzil, yang akhirnya dia merilis foto asli. foto yang menyebar di internet hingga menjadi viral itu tentu saja sudah di edit dengan menambahkan penampakan pesawat. Di bawah ini gambar aslinya.

911-original2

3. Gambar gelombang tsunami yang menjulang tinggi

tsunami

Gambar ini banyak diklaim bencana tsunami yang menyerang Indonesia, Thailand, dan negara-negara lainnya pada tahun 2004 yang lalu. Versi lainnya mengatakan foto ini diambil saat bencana tsunami menerjang Jepang pada tahun 2011.

Banyak kejanggalan yang nampak pada gambar itu, dari ukuran arus gelombang yang jauh lebih besar dari apa yang dilihat dan dilaporkan pada tragedi 2004 maupun 2011.

Menurut keterangan dari World City Photo Archive, gambar itu sebenarnya merupakan penggambaran manipulasi cakrawala di Antofagasta, Chile. Di bawah ini gambar aslinya.


4. Dua ekor Hiu dibawah eskalator

hiu-Lift

Sejak lama banyak gambar manipulasi tentang hiu beredar di internet. Salah satunya 2 ekor hiu berenang dibawah eskalator, berbagai rumor mengatakan 2 ekor hiu ini lepas dari penangkaran di Kuwait, sementara yang lainnya mengatakan hiu tersebut terbawa banjir akibat Badai Katrina.

Gambar itu jelas hasil manipulasi Photoshop, gambar itu sebenarnya banjir yang terjadi di kompleks Plaza Toronto Royal Bank yang berdekatan dengan stasiun kereta bawah tanah. Di bawah ini gambar aslinya.


5. Bill Gates meminta share foto miliknya

Bill Gates

Tipuan ini menjadi terkenal karena menampilkan seorang Bill Gates yang memegang secarik kertas bertuliskan "share ini dan saya akan memberi Anda banyak uang". Pesan itu telah menyebar melalui email, media sosial, Tweet dan lainnya.

Dalam foto tersebut Bill Gates nampak memegang tulisan kertas mengklaim bahwa ia akan memberi Anda $ 5000, dengan syarat Anda berbagi foto, tentu saja itu adalah scam. Tentu saja Bill Gates tidak akan memberikan uang dengan mudah, apalagi meminta untuk menyebarkan fotonya. Foto itu sebenarnya untuk sesi Reddit AMA (Ask Me Anything). Di bawah ini foto aslinya.


6. Cumi-cumi raksasa


Cumi-cumi raksasa ini di klaim tumbuh menjadi mutan raksasa akibat radiasi nuklir Fukushima. Beberapa klaim binatang laut yang menjadi super besar yang menghubungkan reaktor nuklir Fukushima sudah terlalu banyak, pada umumnya semua klaim itu tidak benar.

Gambar cumi-cumi raksasa yang terdampar di pantai Santa Monica itu sudah di manipulasi menggabungkan dua gambar yang dibuat oleh situs humor The Lightly Braised Trunip.

Gambar asli adalah dari gabungan dua gambar yang di perbesar, gambar cumi-cumi itu adalah cumi-cumi besar yang ditemukan di pantai Spanyol dan seekor paus yang mati terdampar di Chili.

This giant squid called Architeuthis dux and measuring 30 feet long washed ashore in the Spanish community of Cantabria on Oct. 1, 2013. People gather around a dead whale after it beached on the Maule beach at the gulf of Arauco, some 550 km southwest of Santiago, near Concepcion city Nov 3, 2011. [Photo/Agencies]

7. Laba-laba super besar


Seekor laba-laba penyihir Angola yang di klaim tengah merayap di tembok sebuah rumah di Texas, butuh beberapa tembakan untuk melumpuhkan laba-laba yang ukurannya super besar itu.

Gambar itu hasil manipulasi karya seorang seniman fotografer, Paul Santa Maria. Foto itu sebenarnya adalah laba-laba serigala berukuran normal yang di ambil di luar rumahnya di Florida. Namun dengan menggunakan manipulasi Photoshop, laba-laba itu nampak terlihat besar. Di bawah ini gambar aslinya.


8. Kerangka manusia raksasa


Kegiatan eksplorasi gas terbaru di wilayah selatan-timur dari gurun Arab Saudi menemukan sisa-sisa kerangka manusia dengan ukuran yang sangat fantastis. Gambar itu menjadi viral hingga beberapa gambar lainnya yang menunjukan penemuan kerangka manusia raksasa ikut bermunculan.

Gambar itu sebenarnya untuk kontes photoshop berasal dari situs Worth1000.com. Di bawah ini gambar aslinya.


9. Bayi Adolf Hitler


Foto Adolf Hitler saat masih bayi beredar, namun Konsulat Jerman di Chicago membantahnya dan menyatakan itu bukan Hitler saat masih bayi.

Seorang wanita bernama Harriet Downs dari Ohio kebetulan melihat gambar itu disebuah majalah dan terkaget bahwa sebenarnya itu adalah foto anaknya. Dalam gambar asli, anaknya terlihat sangat lucu dan menggemaskan, namun gambar yang beredar nampak bayangan terlihat gelap hingga memberi kesan yang menyeramkan. Di bawah ini gambar aslinya.


Di bawah ini foto asli Hitler saat masih bayi


Salam Icokes. Indonesian Hoax Buster!


Emoticon Emoticon